Belajar Ionic untuk Pemula Mulai dari Dasar Paling Mudah

Tidak dapat dipungkiri dengan semakin banyaknya pengguna smartphone membuat banyak orang mulai mencari tahu cara mempelajari Ionic untuk pemula. Hal ini didukung oleh banyaknya perusahaan lokal dan asing mulai membangun aplikasinya secara mobile. Karena memang kebutuhan mobile developer melebihi dari jumlah developernya sendiri.

Sehingga hal ini membuat kebutuhan mobile developer semakin meningkat. Dalam hal ini, Ionic adalah sebuah teknologi web yang berguna untuk menciptakan sebuah aplikasi berbasis mobile. Dari sini beberapa fakta baru mulai muncul, salah satunya adalah lowongan kerja mobile programmer selalu terbuka lebar.

Itulah sebabnya banyak orang mulai mencoba belajar menciptakan aplikasi android paling mudah tanpa menggunakan bahasa pemrograman yang memusingkan. Misalnya saja seperti sebuah bahasa C++ atau Java yang digunakan untuk menciptakan sebuah aplikasi yang berbasis Windows Phone. Sedangkan untuk pembuat aplikasi iOS tidak memakai Objective-C (swift).

Pengertian dan Kelebihan Ionic Framework

Ionic merupakan salah satu jenis framework untuk membangun aplikasi mobile berbentuk hybrid dengan bantuan AngularJS, CSS, dan juga HTML5. Ionic memanfaatkan Node.js SASS, serta AngularJS untuk engine. Dalam hal ini, maksud mobile hybrid itu merupakan aplikasi yang bisa dikembangkan untuk beberapa platform.

Jadi bisa langsung dimanfaatkan untuk aplikasi android dan IOS sekaligus. Di dalamnya sendiri biasanya didukung dengan beberapa komponen CSS seperti list, button, form, card, tabs, grids, dll. Itu artinya fungsi Ionic bisa membantu pengguna menciptakan aplikasi secara mobile berbasis cross platform dengan sekali buatan saja.

Itulah sebabnya framework ini secara khusus dibuat untuk membantu para programmer web agar lebih mudah mengembangkan aplikasi mobile memakai teknologi web. Kelebihannya disini adalah berbasis open source. Sehingga siapapun bisa mengembangkannya secara gratis atau komersial. Dari segi kecepatannya merupakan yang tercepat dari framework pada umumnya.

Target utama dari ionic adalah untuk pembuatan aplikasi berbasis android 4+ serta iOS 7+. Jadi bila Kamu suka mencari informasi terbaru seputar perkembangan teknologi, maka kapabilitas sistem operasinya tidak perlu dikhawatirkan. Karena framework ini bisa digunakan untuk aplikasi mobile terbaru.

Hal-Hal yang Harus Disiapkan saat Belajar Ionic untuk Pemula

Supaya bisa mempelajarinya, maka ada beberapa hal utama yang wajib dipahami. Sehingga pembuatan aplikasinya berjalan dengan sempurna. Beberapa hal yang harus dipahami meliputi Angular, HTML5, JavaScript, CSS, PhoneGap, dan NodeJS. Disini Ionic juga menyiapkan ide khusus demi menciptakan desain tampilan yang lebih menarik.

Lebih menariknya lagi adalah desainnya bisa dikembangkan secara gratis. Jadi intinya framework Ionic itu bisa dipakai untuk mengembangkan aplikasi mobile hybrid memakai teknologi phonegap, angularJS, CSS, HTML, dan Javascript. Selain memiliki banyak kelebihan, kecepatan aplikasinya sempurna.

Aplikasi buatan Ionic memiliki kecepatan yang super cepat sekali, sehingga tidak heran bila  banyak orang ingin mempelajarinya. Karena mereka ingin mengembangkan aplikasinya agar lebih meningkat dan menarik dari sebelumnya.

Bagi seorang pemula, mempelajari beberapa hal diatas mungkin terasa menyulitkan. Namun sebenarnya bila ditinjau lebih jauh, penjelasan diatas cukup mudah dipahami bila Kamu mempelajari penjelasan paling dasarnya dulu. Karena pada dasarnya penjelasan di atas dibuat lebih mudah mempelajari Ionic untuk pemula.

Demikian pembahasan mengenai Belajar Ionic untuk Pemula Mulai dari Dasar Paling Mudah semoga bermanfaat, terima kasih.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *