Pengertian Software Adobe Illustrator dan 10 Tools Penting Didalamnya

Siapa yang tidak kenal dengan software Adobe Illustrator? Yaitu salah satu produk dari Adobe System, perusahaan terkenal dengan keluaran aplikasi berbasis multimedia.

Adobe Illustrator merupakan software desain grafis pengolah gambar berbasis vektor. Jenis gambar ini memiliki kualitas grafis yang tinggi. Keunggulan dari gambar ini jika di perbesar tidak akan pecah, berbeda dengan gambar biasa.

Keberadaan aplikasi buatannya sangat membantu semua orang yang bekerja di bidang multimedia, mulai dari pemula sampai dengan profesional karena produk yang ditawarkan memiliki fitur sangat lengkap dan mudah pemakaiannya.

Maka dari itu tidak heran bila banyak pemula ingin mempelajarinya karena bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Terlebih bagi seorang desainer grafis, tentunya illustrator akan membantu mereka menyelesaikan semua hal berkaitan dengan desain grafisnya.

Sehingga illustrator juga sering dimanfaatkan untuk kebutuhan desain periklanan produk serta stationery perusahaan selain Adobe Photoshop. Tidak hanya itu saja, saat ini platform ini sudah didukung dengan fitur yang memadai. Salah satunya adalah bisa membantu pengguna menciptakan komponen dan objek animasi berbentuk Flash.

Sejak Adobe mengakuisisi Flash, maka hal tersebut semakin mudah berinteraksi bersama aplikasi illustrator. Dari sinilah banyak objek vektor berkualitas berhasil diciptakan oleh illustrator. Karena semua yang ada pada Flash dapat dijadikan animasi menggunakan toolsnya secara langsung.

10 Tools Penting Harus Dipahami Pemula di Software Adobe Illustrator

Untuk bisa mempelajarinya, maka ada 10 tools penting yang wajib dipahami oleh setiap pengguna. Dengan memahami tools tersebut akan memudahkan Kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan software tersebut. Karena didalamnya berisi perintah untuk mengedit, membuat, mengisi, dan memodifikasi objek pada lembar kerja. Berikut 10 toolsnya!

  1. Selection Tool, fungsinya menyeleksi satu hingga banyak objek dalam sekali saja. Sehingga dengan menu inilah Kamu bisa memilih objek mana yang mau diedit, dihapus atau bahkan ditambahkan ketika proses editing berlangsung supaya lebih mudah.
  2. Direct Selection Tool yang ada di software Adobe Illustrator berguna untuk menyeleksi kurva atau titik pada objek. Bagian ini juga dapat digunakan untuk menggeser objek yang akan diseleksi pada salah satu sudutnya. Sehingga dengan begitu pengguna bisa lebih mudah mencari titik atau kurva yang mau diedit.
  3. Magic Wand Tool yaitu untuk memilih sekaligus menyeleksi objek secara bebas. Dengan menu ini maka proses seleksi banyak objek sekaligus semakin mudah dan lebih singkat, sehingga menu ini sangat bisa diandalkan bila ingin mengganti semua objek yang ada.
  4. Lasso Tool berguna menyeleksi ruas kurva secara laso. Dengan adanya menu ini maka pengguna bisa lebih mudah memilih ruas kurva yang ingin diseleksi. Setidaknya Kamu tidak perlu mencari bagian ini satu-satu karena sudah ada lasso.
  5. Pen Tool untuk menggambar garis lurus. Jadi fungsi bagian ini sama seperti menu pen pada umumnya pada aplikasi editing gambar. Sesuai namanya, pen tool akan membantu pengguna membuat garis lurus atau garis apa saja berdasarkan kebutuhan.
  6. Curvature Tool untuk membuat garis lengkung bersambung. Sehingga bagi Anda yang ingin membuat garis lengkung namun dibuat bersambung, maka menu ini akan sangat membantu sekali untuk memperindah tampilan gambar yang mau diedit pada software ini.
  7. Type Tool untuk menulis huruf. Dengan adanya menu ini maka pengguna bisa lebih nyaman saat ingin berkreasi lagi. Karena mereka bisa menulis huruf apa saja untuk gambar atau foto yang mau diedit sesuka hati.
  8. Line Segment Tool untuk membuat garis lurus. Sesuai namanya, menu ini berguna untuk membantu pengguna yang ingin membuat garis berbentuk lurus. Dengan adanya menu ini akan membuat Kamu bisa semakin mudah menciptakan gambar yang lebih professional.
  9. Rectangle Tool untuk membuat objek persegi / persegi-panjang. Umumnya pada proses editing gambar atau foto, Kamu tidak bisa melewatkan objek berbentuk persegi-panjang atau persegi. Dengan menu inilah bisa melakukannya lebih mudah dan praktis untuk pemula.
  10. Paintbrush Tool untuk menggambar berdasarkan brushnya. Pilihan brush tool ini ada banyak, sehingga pengguna semakin mudah menggambar apa saja dengan ukuran brush yang tersedia, mulai dari terkecil hingga paling besar sekaligus dalam sekali waktu.

Dengan memahami 10 tools penting didalamnya, otomatis itu akan membuat Kamu semakin mudah mempelajari seluk beluk dari software tersebut. Tanpa memahami toolsnya, rasanya akan sulit bagi seorang pemula bila ingin menggunakannya. Maka pahami dulu bagian yang ada dari software Adobe Illustrator supaya semakin mudah berkreasi.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Software Adobe Illustrator dan 10 Tools Penting Didalamnya semoga bermanfaat, terima kasih.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *