Efektif, Berikut Cara Membuat Presentasi Menarik dan Mudah Dipahami

Microsoft PowerPoint sering menjadi andalan saat ingin tahu cara membuat presentasi menarik sehingga mudah dipahami oleh audiens. Kegunaan presentasi khususnya di dunia pendidikan dan bisnis sangatlah penting. Di beberapa rapat tertentu menjelaskan konsep tidak hanya bisa dilakukan secara lisan melainkan menggunakan visual.

PowerPoint sendiri merupakan sebuah software yang diproduksi oleh Microsoft yang memang khusus untuk membuat slide presentasi. Banyaknya pengguna software ini karena kemudahannya dan kompabilitas yang banyak. Hanya saja untuk membuatnya semakin menarik Kamu harus menambahkan sedikit kreativitas misal gambar, infografis dan lain sebagainya.

Terkait dengan kebutuhan akan slide presentasi yang menarik, kini semakin marak kreator penghasil template keren. Kegunaan template ini tentu semakin memudahkan pengguna yang ingin tahu mengenai cara membuat presentasi menarik. Sehingga tidak perlu susah payah memikirkan tambahan apa agar slide terlihat enak dipandang.

Selain outputnya berupa teks atau gambar, PowerPoint juga bisa menampilkan video hingga animasi. Tentu ketika menambahkan video atau animasi pada slide pendengar jauh lebih bisa memahami, apalagi jika penjelasannya dibuat dengan sangat sederhana dan juga tidak dibuat dengan berbelit-belit. Bahkan Kamu tidak perlu berbicara banyak karena sudah terwakilkan oleh presentasi tersebut.

Cara Mudah Membuat Slide Presentasi Menarik

Cara membuat presentasi menarik itu sangatlah mudah, Kamu yang pemula bahkan bisa langsung memahaminya. Penting untuk setiap kalangan bisa memahami bagaimana membuat slide presentasi agar efektif menarik minat pendengar. Dengan begitu, ide yang ingin sampaikan bisa diterima baik oleh pendengar.

  1. Langkah pertama adalah buatlah Killer Opening Slide. Killer Opening Slide merupakan pembuka presentasi atau halaman awal saat ditampilkan, agar mengundang minat pendengar pastikan slide ini menarik. Kamu bisa tambahkan gambar atau gunakan warna mencolok. Namun, jangan sampai berlebihan yang justru membuat pendengar tidak tertarik.
  2. Langkah kedua gunakan Theme Custom. Memang PowerPoint memiliki fitur tema built-in yang bisa Kamu manfaatkan secara gratis. Namun, jika sudah merasa bosan maka bisa mendownload tema berbayar atau gratis yang disedikan oleh situs-situs diluar PowerPoint. Theme Custom ini efektif untuk memudahkan membuat slide tema unik.
  3. Agar jauh lebih enak dipandang tidak ada salahnya menggunakan fitur slide master. Slide master ini berguna untuk menjaga konsistensi antar elemen seperti font, gambar, warna, dan lain sebagainya. Fitur ini juga memungkinkan Kamu untuk lebih menghemat waktu sehingga pendengar tidak bosan.
  4. Jika dirasa kurang maka bisa gunakan Stunning Visuals. Ini merupakan langkah agar tampilan jauh lebih menarik dengan menampilkan gambar unik, diagram, atau visual lainnya. Pada intinya tambahkan kreativitas Kamu pada slide dengan tetap mempertimbangkan isi presentasi tersebut sehingga pesan bisa tersampaikan ke pendengar.

Alasan Mengharuskan Pemula Menggunakan PowerPoint

PowerPoint memang menjadi andalan untuk cara membuat slide presentasi menarik dan tidak monoton. Ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya di antaranya adalah kemudahan dalam pengoperasian. Selain itu, kaya akan fitur yang membuat tampilan begitu menarik dan tidak kalah menarik adalah hadirnya preset animasi dengan transisi siap pakai.

Sementara itu, ada pula fitur sharing presentasi di mana Kamu bisa membagikan slide kepada pendengar. Jadi pendengar tidak hanya duduk mendengarkan serta melihat gambar presentasi saja, melainkan bisa ikut mempelajarinya terlebih dahulu. Sharing ini bisa dikolaborasikan dengan cloud team sehingga memudahkan ketika digunakan.

Begitu menariknya beragam fitur yang disediakan oleh Microsoft PowerPoint. Tinggal bagaimana Kamu mengombinasikannya agar menjadi tampilan yang memikat mata dan telinga pendengar. Meski begitu, Kamu yang seorang pemula dan belum tahu bagaimana cara membuat presentasi menarik tidak perlu khawatir karena pada dasarnya sangat mudah dipelajari.

Demikian pembahasan Efektif, Berikut Cara Membuat Presentasi Menarik dan Mudah Dipahami semoga bermanfaat, terima kasih.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *