Apakah kuliah itu penting?

Kuliah itu penting engga sih? Banyak orang yang engga kuliah tapi bisa sukses, bisa sekolah dan kuliah di zaman sekarang dengan bisa kuliah dan sekolah di zaman orang tua kita dulu bisa jadi maknanya berbeda terus kenapa si kita harus kuliah?..

Apakah kuliah itu penting?

Kalau penting kenapa? 

Tujuan dan manfaatnya apa?

Kalau engga juga kenapa?

Topik ini menjadi viral lagi karena beberapa influenser ternama Indonesia membahas ini terus di prifai secara terus menerus oleh kita semua khususnya anak muda degan mengambil arti atau makna setengah setengah aliyas engga menyeluruh.

Bekerja dan sukses engga harus  kuliah dulu, saya adalah orang berpegang bahwa pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengubah apapun di dunia ini, Proses dalam berpendidikan dan mendapatkan ilmu belajar membentuk pola fikir yang akhirnya teranifestasi menjadi karakter di zaman sekarang itu bisa jadi beda dengan proses pendidikan di zaman orang tua kita.

Kecepatan informasi, teknologi, infastruktur, digitalisasi, mau engga mau prubahan dan pergeseran makna dan proses itu pati terjadi pemaknaan kuliah dan pendidikan pun bisa menjadi berubah.

Seperti biasa ada 3 hal yang akan di highlight pada artikel ini, akan tetetapi sebelum kita lanjut ke pembhasanya alangkah baiknya artikel ini membutuhkan bantuan kalian dengan cara like dan share agar artikel ini bisa berkembang seperti yang lainya.

1. Apa makna dan pendidikan itu

Apa si pendidikan itu? Belajar itu adalah proses kita mengajar dan memperoleh pengetahuan keterampilan atau makana dari apa yang kita pelajari semua ini pada akhirnya merupakan proses dimana mengembangkan:

  • Sikap
  • Kemampuan
  • Nilai praktis

Nah dari semua bahasa Bahasa tadi kita bisa artikan dua hal utama, yang pertama kopetensi social atau kemampuan meneyelesaikan masalah yang ada di sekitar kita dan yang kedua Groing bertumbuh menjadi versi terbaiknya kita menjadi versi optimumnya kita atau minimal menjadi versi lebih baiknya kita.

Ini menarik temen temen karena kedua duanya ini sulit untuk di ukur hanya sekedar dengan angka angka atau nilai hitam di atas putih “ Saya engga bilang nilai academic itu engga penting ya,itu penting” Karena otomatis akan melengkapi taopi itu bukan berarti akhir tujuan kita uang sebenarnya.

Untuk itu kita rasanya terlalu mengerdilkan makna pendidikan kalau hanya melihat kemampuan sekil, kelayakan, kopetensial, tanggung jawap bahkal literasi seseorang ini berdasarkan dia lulusan mana? Nilainya berapa? Tepat waktu atau tidak?. Ada banyak hal yang jauh lebih dalamyang yauh lebih kursial untuk kita bicarakan dalam memaknai dan berdiskusi tentang pendidikan.

2. Kenapa pendidikan/Kuliah itu penting

Kenapa si kuliah itu penting?

1. Alasan yang pertama

Bukan pengetahuan karena pengetahuan kita bisa dapat dari mana aja apalagi sekarang teknologi makin canggih justru yang paling penting adalah “Striktur berfikir khususnya dalam menyelesaikan masalah” Karena ujung dari riterasi adalah problem menyelesaikan masalah yang ada maka otomatis proses kita berpendidikan termasuk pendidikan tinggi adalah proses membentuk struktur kita berfikir,

Apalah arti berfikir… jika tidak meneyelesaikan masalah yang ada sekitar kita dan kalau temen temen sadar salah satu ujian akhir kita sebelum lulus kuliah adalah sekripsi di dalam sekripsi itu sendiri ada latar belakang masalah fakta lapangan dasar teori analisa kita nya kemudian solusi atau rekomendasi yang kita tawarkan.

Itu semuanya adaah proses kita berlatih untuk menyelesaikan masalah yang ada di sekitar kita bener tidak, wajar banget orang bijak pernah bilang:

Pencapain tertinggi seorang

Anak manusi ketika…

Memenangkan sesuatu?

Memiliki sesuatu?

Namun semua yang di milikinnya itu ia mampu bermanfaat untuk orang orang di sekitarnya.

2. Alasan yang kedua

Mindset tujuan pendidikan adalah untuk menggantikan mensuksitusikan maindset atau fikiran kita dari sebelumnya kosang yang tidak tau menjadi terbuka apalagi saat kita kuliah kita akan bertemu dengan temen temen dari berbagai latar belakang suku agama kepercayaan fikiran dan sebagainya.

Kita akan bertemu dengan orang orang baru ide ide baru bahkan tantangan yang bisa jadi sangat baru dalam hidup kita untuk itu bagi temen temen yang saat ini proses pendidikan baik formal maupun non formal “ jangan terlalu cepat menutup diri pad akesempatan “ Karena kita engga tau kesempatan mana yang akan mengatarkan kita ke level selanjutnya.

3. Alasan yang ketiga

Social Change, Bahwa pendidikan tinggi kuliah bukan memeperoleh tingkat pengetahuan yang lebih tinggi tetapi mendorong kita untuk bisa melakukan bagian atau melkukan perubahan dalam diri kjita sendiri.

Pendidikan tinggi dapat merangsang inovasi, pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas SDM, Partoisipasi politik bahkan kepedulian pada lingkungan nisa jadi iklim yang akhir akhir ini sedang di suarakan, oh iya temen temen bukan kah pembicaran tadi erat banget dengan social change.

3. Bagai mana caranya agar kuliah kita jauh lebih berarti untuk kehidupan sesudah kuliah

Nah disini saya akan berbagi 5 Tips kita terapkan “Agar kuliah kita ngga sia-sia”

1. Purposes ( Tentukan tujuan )

Memiliki target, memeiliki tujuan, itu penting bahkan sama pentingnya dengan peroses kita menikmati perjalanan dan proses kita bertumbuh, sebetulnya apa target panjang temen temen 10 tahun kedepan temen temen melihat diri sendiri sebagai siapa.

Kalau pun tidak kongkrit jawabanya setidaknya dapat gambaran bahwa bidang apa yang temen temen ingin capai di masa depan butuh sepesifikasi ilmu dalam hal seperti apa sekil dalam bidang apa pengelaman dalam menyelesaikan masalah projek atau pekerjaan seperti apa.

Karena kurang lebihnya itu kita mengambil keputusan, Pilihan sikap, Selama kuliah kita mau ngapain. Berorganisasi atau engga berkarya dalam bidang apa bahkan kuliah dimana dan jurusan apa dengan kita punya tujuan maka kuliah kita akan makin terarah dan makin bermakna .

2. Pilih Jurusan Yang Tepat

Kita kan kulih engga cuman 1-2 hari bukan 1-2 bulan  melainkan tahunan, data dari Indonesia Career center network menunjukan bahwa 87% orang mengaku salah jurusan nah apa lagi buat temen temen yang saat ini duduk di bangku SMA yang sebentar lagi akan kulian dan menjadi bahasiswa yuk riset dulu kampus dan jurusan apa yang akan temen temen capai dan menjadi bagian di dalamnya.

Informasi sekarang sudah sangat mudah di dapat dan sangat mudah komunikasi sekarang sudah di lakukan dengan sangat border tanpa batas mungkin klau di zaman orang kita dulu salah jurusan adalah sesuatu yang wajar dan umum terjadi, karena bingung mau nanya siapa, Kemana, Aksesnya terbatas, Kecuali kalau kita punya orang dalam.

Akan tetapi kalau sekarang dengan tidak terbatasnya itu formasi terus kita masih salah jurusan dan kita bertahan di jurusan itu sampai akhir sampe wisuda misalkan maka jangan salahkan orang lain, namun meskipun demikiyan engga ada jaminan juga bahwa karir itu harus sesuai dengan jurusan kuliah.

3. Networking

Networking itu adalah harta karun yang sangat berharga mungkin kita belum mendapatkan impeknya sekarang namun menjaga hubungan baik cepoat atau lambat akan membawa kita kepad sirkel yang menjaga hubungan baik mislkan Menentukan siapa kita, Bagaimana kitaberfikir, dan menyelesaikan masalah.

Yang justru ini bagian penting dari pendidikan.

Nah menariknya adalah seringnya pertemanan yang terbentuk di bangku kuliah itu adalah apa adanya bukan ada apanya (tulus) bukan berdasarkan kepentingan untuk itu dalam hal ini membangun jajaring.

Kuliah itu penting banget untuk membangun organisasi komunitas dan memastikan bahwa kita mau keluar dari zona nyaman kita mengajari banyak hal baru bergaul dengan banyak orang positif kepada yang lainya saat kita muda dalam hal ini sangat penting apalgi buat temen temen yang mendapat kesempatan untuk kuliah, karena itu sangat membantu untuk membentuk karaker kita.

4. Skills

Skills itu penting banget apalagi dijaman sekarang kalau sukses itu kita definisikan bertumbuh dan berproges maka kuliah tinggi itu engga menjadi kesuksesan namun saat kita mempunyai skill kita tau ni skill kita apa maka powernya ada di tangan kita bergening posicion atau daya tawar kita bertambah dengan kata lain kuliah itu engga hanya bisa menciptakan robot .

Dunia terus berubah dan mereka orang yang mempunyai skill sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh zaman-nya akan terus menciptakan kesempatan bukan sekedar menunggu kesempatan karena lampangan kerja yang sesuai dengan jurursan kita mungkin hanya sekian persen didunia ini, sementara itu dunia terus berkembang dengan segala kemajuaya.

5. Stay Up To Date

Dengan perkembangan terbaru baik tingkatan nasional maupun global kita hari ini hidup di abat 21 satu ini adalah era dimana perubahan terjadi dengan sangat cepat bahkan besar besaran era di mana kecanggihan teknologi terus terjadi dan mengikuti perkembanagn teknologi adalah sebuah keharusan setidaknya kita jadi faham skill dan pengetahuan apa yang harus kita asah dan garus kita siapkan untuk menghadapi tantangan itu.

Mereka yang bertahan adalah mereka yang bersiap, bersiap dengan skill, Bersiap dengan mental, Bersiap dengan pengalaman, Bersiap dengan pengetahuan dan yang paling penting Besiap dengan penegndalian ego pada diri kita sendiri.

Nah semua itu sangat di asah di jenjang pendidikan tinggi kita punya banyak sumber untuk bertanya kita di fasilitasi dengan begitu banyak bugu dan jornal terbaru untuk di baca.

Oky saya kira cukup pembahasan mengenai tentang Kuliah itu penting apa engga, buat temen temen yang mau ngasih saran ataupun ingin membahas apa lagi langsung saja komen di bawah.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like