17 Tips Psikolog Untuk Membaca Pikiran Dan Karakter Orang Lain

Ketika bertemu seseorang untuk pertama kali-nya pada umumnya fikiran kita sudah pasti di penuhi oleh rasa penasaran tentang bagai mana sifat karakter dan pemikiran orang tersebut, Karena alasan itu lah penting bagi kita untuk mengetahui bagai mana cara manusi berkomunikasi.

Menurut para pakar psikologi ketika dua atau lebih individu berintraksi 55% yang benar-benar untuk di sampaikan berasal dari Bahasa tubuh 38% berasal dari nada atau intonasi suara dan hanya 7% berasal dari kata-kata yang di ucapkan.

Berarti ketika kita bertemu seseorang untuk pertama kali-nya kita harus mempertimbangkan 3 faktor yang sudah di sebutkan tadi selain memperhatikan tampilan. Jadi jika kamu ingin mengetahui apa yang di pikirkan oleh orang lain ketika pertama ketemu.

Perhatikan Petunjuk-petunjuk Berikut Ini

1. Kontak Mata

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mata adalah candela hati untuk mengetahui jenis kontak mana yang di berikan, kamu harus bisa mempertimbangkan konteks nya. Misalkan jika seseorang benar-benar tidak bisa mengalihkan padanganya darimu maka itu bisa berarti bahwa dia tertarik atau suka kepada mu.

Disisi lain ketika kamu bertatapan mata dengan sesamamu dan dia tidak bisa melihatmu kembali maka itu bisa menandakan bahwa dirinya merasakan gugup atau menyebunyikan sesuatu, lalu kalau kamu berbicara dengan individu dengan tatapan maatanya yang membuatmu tidak nyaman terutama jika matanya tidak berkedip itu bisa menandakan bahwa dia berbohong.

2. Alis Mata

Bila kamu ingin melihat seberapa nyaman orang lain ketika berbicara dengan mu maka lihatlah alis mata-nya ada 3 emosi utama yang membuat alis manusia terangkat yaitu terkejut, khawatir dan rasa takut.

Cobalah untuk mengangkat alis matamu ketika sedang mengobrol santai dengan teman terdekat Pati akan sulit. Nah jika kamu berbicara dengan seseorang dan dia mengangkat alisnya padahal topik pembicaraan kalian tidak menyebabkan rasa terkejut, khawatir atau takut berarti individu tersebut merasa tidak nyaman.

3. Senyuman

Dalam hal tersenyum mulut dan bibir bisa berbohong tetapi tidak dengan mata harus di ketahui bahwa senyum yang benar-benar tulus adalah senyum yang sampai kemata dan menciptakan kerutan di sekitarnya.

Manusia sering tersenyum untuk menyembuyikan apa yang sebenarnya mereka fikirkan & rasakan. Jadi lain kali jika kamu ingin tahu apakah senyum orang lain tulus atau tidak perhatikan kerutan di sekitar area matanya, jika tidak ada kerutan maka itu berarti menyembuyikan sesuatu.

4. Apa Yang Diucapkan

Kalau kamu bertemu seseorang untuk pertama kalinya dan dia terus menerus membicarakan hal-hal positif seperti memuji pasangan atau rekan kerjanya maka kemungkinan besar individu tersebut memiliki kepribadian yang cukup baik.

Penelitian menunjukan bahwa semakin sering seseorang menilai positif sesamanya sebagai pribadi yang baik sopan, penuh kasih dan santun maka kemungkinan besar dia juga memiliki sifat tersebut dan begitu juga sebaliknya. JIka sering membicarakan hal-hal buruk maka orang itu cenderung juga mempunyai karakter yang sama.

5. Para Bahasa

Parabahasa adalah sebuah bentuk komunikasi konveral seperti gerakan tangan ekspresi wajah, poster tubuh dan gelengan kepala. Pada dasarnya parabahasa merupakan sebuah cara yang bagus untuk mengetahui fikiran lawan bicara lawan kita dengan memperhatikan seluruh aspek-nya.

Misalkan jika seseorang menggunakan nada monoton untuk merespon perkataan mu maka kemungkinan besar dia tidak suka atau tidak tertarik dengan kata-kata yang kamu lontarkan, lalu kalau ada yang menggunakan sarkasme itu menandakan bahwa apa yang sebenarnya ingin dikatakan berkebalikan dengan apa yang di ucapkan-nya.

Jadi perhatikanlah penekanan lawan bicara mu ketika bertutur kata dan lihat bagai mana cara pelafalanya, ini dapat menemukanmu petunjuk apa niat mereka yang sesungguhnya.

6. Lirikan Menyamping

Ketika kamu bertemu seseorang jika dia benar-benar antusias untuk menemui mu maka ingatlah bahwa tubuhnya pasti akan menghadap ke arahmu dan dia juga akan melakukan kontak mata.

Disisi lain kalu bertemu dengan individu yang langsung lirik kesamping saat berjumpa dengan mu maka itu adalah Bahasa tubuh yang menunjukan bahwa mereka ingin pergi.

7. Frekuwensi Mengangguk

Pada umumnya mengangguk merupakan tanda untuk menyetujui sesuatu, akan tetapi harus di ketahui bahwa apabila ada orang yang mengangguk berlebihan maka itu mungkin menandakan bahwa mereka cemas dengan sebuah kesepakatan.

Ketika memberi instruksi misal-nya teman atau bawahan mu dan mereka mengangguk secara eksesif itu berarti mereka hawatir tentang apa yang kamu pikirkan dan bertanya Tanya apakah kemampuan mereka dalam mengikuti aba-aba di ragukan atau tidak.

8. Dagu dan Rahang

Ketika manusi membuat keputusan maka menggosok dagu dan melihat ke arah atas , bawah atau samping adalah hal yang cenderung di lakukan dan ini menandakan pemikiran yang keras, lalu rahang yang terkatup menandakan orang sedang mengalami setres yang mendalam dan merasa tidak nyaman dengan situasi sekitar.

Selain itu mereka yang mengatup-kan rahangnya ketika berkomunikasi juga menandakan bahwa topik percakapan dengan lawan bicara mungkin mengarah ke sesuatu yang di hawatirkan atau mereka sedang berfokus kepada hal lain yang menyebabkan setres.

9. Postur Tubuh

Postur Tubuh ternyata bisa memberikan beberapa petunjuk tentang tingkat kepercayaan diri manusia. Misal-nya jika seseorang berjalan tegak dengan bahu kebelakang dan melihat lurus kedepan ini mengindikasikan bahwa dia merasa baik dan percaya diri.

Namun kalau ada individu yang membungkuk dan melihat kebawah ketika mereka berjalan maka ini mungkin mengindikasikan kerendahan diri dan kurang percaya diri.

10. Menggosok Tangan

Setelah di percaya oleh banyak ahli bahwa gerakan tangan dapat mencerminkan pikiran kita ketika ada orang yang mengosok-gosokan kedua tangan-nya secara bersamaan pada umumnya itu menandakan bahwa dia memiliki perasaan yang baik tentang sesuatu dan juga yakin bahwa aka nada hal yang menajubkan yang segera terjadi di masa depan.

11. Jabatan Tangan

Dengan hanya berjabatan tangan atau bersalaman saja kamu bisa dengan cepat mengetahui tentang sifat karakter dan kepribadian orang lain, mereka yang memiliki jabatan tangan yang lembut cenderung patuh dan penurut. Sebaliknya jabatan tangan yang kuat dan keras menunjukan cenderung suka mendominasi.

Selain kekuatan jabatan lama waktu bersalaman ternyata juga bisa mengungkap isi fikiran jika seseorang hanya sebentar saja berjabatan tangan dengan mu maka itu menunjukan bahwa dia tidak ingin memiliki hubungan yang dalam dengan mu.

Disisi lain jabatan tangan yang lama mengindikasikan bahwa orang itu niat untuk menjadi relasi yang dalam bersama kamu .

12. Condongan Tubuh

Jika ada orang yang mencondongkan tubuh kearahmu ketika kalian sedang berbicara maka ini menunjukan dia tertarik dengan apa yang kamu katakana dan menaruk rasa hormat kepadamu, lalu ketika kamu sedang berbicara dan seseorang mendekat dan kemudian mencondongkan tubuh nya ke arah mu maka itu menunjukan bahwa dia ini ingin curhat.

Selain itu kalau ada yang bersandar kebelakang dan menjauhkan tubuhmu ketika kalian sedang berbicara menunjukan bahwa orang tersebut bosan dengan topik pembicaraan kalian dan mungkin merasa tidak nyaman .

13. Cara Memegang Bayi

Baiklah mungkin dari beberapa kamu menganggap ini aneh tetapi cara memegang bayi ternyata bisa mengungkapkan banyak hal. JIka kamu bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya dan kebetulan dia baru saja menjadi ibu atau ayah, coba lihat lengan mana yang di gunakan untuk menggendong bayi mereka.

Studi menunjukan bahwa ibu yang bahagia cenderung menggendong bayi mereka menggunakan lengan kiri mereka, sedangkan ibu yang setres atau depresi cenderung menggendoong bayi mereka menggunakan lengan kanan.

14. Kaki Dan Lengan Yang Menyilang

Pernahkan kalian bertemu dengan orang yang menyilangkan kaki atau lengan mereka atau kalian sedang berbicara. JIka kamu sedang berkencan untuk pertama kali-nya atau sedang mencoba memberikan masukan kepada teman mu dan dan kemudian dia menyilangkan kakinya atau lenganya maka ini bukanlah pertada baik.

Lengan dan kaki yang di silangkan adalah penghalang fisik yang menunjukan bahwa seseorang tidak terbuka dan kurang suka terhadapa apa yang kamu katakana. Secara psikologis menyilangkan kaki atau lengan menandakan adanya sesuatu yang menghalang baik secara fisik mental dan emosional.

Maka dari itu meskipun orang orang tersenyum dan terlibat dalam percakapan yang menyenangkan bukan berarti mereka selalu terbuka dan setuju dengan semua yang di katakan jika lengan dan kakinya tersilang.

Padahal yang sama arah kaki yang sama mengungkapkan banyak hal, jika ada yang menyukai mu maka kedua kakinya akan mengarah kepada ketika kalian sedang berbicara, lalu kalau seseorang ingin pergi maka ia akan mengarahkan kakinya ke arah pintu ketika kamu sedang berkomunikasi denganya.

15. Sepatu Seseorang

Sepatu tenyata dapat memeberikan kamu informasi tentang karakter dan kepribadian manusia. Hasil penelitian menunjukan bahwa tipe dan jenis sepatu yang dipilih dapat secara akurat menjaminkan personalitas seseorang.

Misal-nya orang yang mudah gugup cenderung memiliki sepatu yang selalu baru atau sepatu yang selalu bersih, lalau individu yang ramah cenderung suka memakai sepatu yang praktis dan kemudian ketika yang agresif cenderung menyukai sepatu buts.

16. Penampilan Seseorang

Bagai mana orang-orang berpakaian dan menampilkan diri dapat mengungkapkan banyak hal tentang mereka. Pribadi yang menata rambut nya dengan rapi memkaai pakaian yang di setrika dan memperhatikan gaya keseluruhan menunjukan bahwa mereka detail dan suka memperhatikan hal kecil.

Sementara itu orang yang tidak menata rambutnya dengan rapi dan suka memakai pakaian kaswal mungkin memiliki sifat reatif. Terahir mereka yang tidak terawatt berantakan dan bau bisa menandakan sifat yang malas dan jorok.

17. Meniru Bahasa Tubuh

Jika kamu belum pernah mencoba membaca Bahasa tubuh mungkin ini adalah sesuatu yang tidak kamu sadari, ingatlah dimasa depan nanti kalau ada seseorang yang meniru Bahasa tubuh mu ini berarti dia merasakan sesuatu yang sangat baik darimu sehingga ingin menjelaskan dirinya dengan kamu.

Ini juga menandakan bahwa pembicaraan berjalan dengan baik dan pihak lain menerima kesan mu dengan baik. Aksi meniru Bahasa tubuh dilakukan secara tidak sadar karena pada dasarnya tidak ada manusia yang tidak sengaja ingin meniru orang lain tetapi ketika kita merasa nyaman dengan seseorang maka kita memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang di lakukanya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saja bagikan soal tips psikolog membaca pikiran orang lain, buat temen-temen yang tau selain yang saya sebutkan bisa langsung komen, semoaga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua teriamksih sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like