Apa Itu Presentasi?

Sebuah presentasi pada dasarnya adalah sebuah komunikasi oleh karena-nya ada aspek-aspek yang terlibat dalam sebuah presentasi apa saja aspek tersebut?.

Pada artikel ini saya akan menerangkan tentang apa itu sebenarnya presentasi & apa saja aspek-aspek penting yang terhubung dalam sebuah proses presentasi. Sebelum masuk kepembahasanya artikel ini membutuhkan bantuan kalian dengan cara like dan sahare agar artikel ini dapat berkembang seperti yang lainya.

Langsung saja berikut:

Aspek Yang Saling Terlibat Dalam Sebuah Presentasi

Jadi Memang sebuah presentasi yang baik itu mencakup banyak aspek, jadi kalau kita perhatikan yang di sebut dengan sebuah presentasi pada dasarnya adalah sebuah proses komunikasi. Apa arti komunikasi? Komunikasi artinya kita menyampaikan sebuah pesan sebuah ide sebuah gagasan dari diri kita sebagai orang presenter kepada audiens.

Dan komunikasi yang baik itu adalah kalau bagai mana kalau komunikasi itu tercapai dengan maksimal. Artinya apa? Kalau saya ngomong (A) kalian nangkapnya (A) maka saya berhasil sebagi komunikator tapi kalau saya ngomong (A) kalian nangkapnya (B) itu artinya saya tidak atau kurang berhasil.

Jadi kita harus fahami sebuah presentasi pada dasaranya adalah sebuah proses komunikasi. Dimana dalam sebuah komunikasi yang lengkap itu ada:

  • Presenter
  • Media
  • Audiens

Jikalai pesan kita tersampaikan dengan maksimal itulah presentasi yang baik dan di lakukan dengan cara yang baru kita sampaikan dengan penjelasan yang klir, dengan slet memang betul-betul rapih, dengan media yang tepat dan sebagainya.

Dengan kata lain yang namanya sebuah presentasi yang baik itu pada dasarnya adalah sebuh presentasi yang terpadu lewat aspek suara kita, gamabar dan poster tubuh. Ini penting saya sarankan karena banyak orang terkadang punya pandangan yang salah dengan presentasi ada yang menganggap yang namanya presentasi adalah slet yang saya pakai.

Apakah penting slet? Kalau dibilang penting, penting. Tapi inget slet adalah salah satu aspek jadi aspek itu aspek visualisasinyaseperti misalkan ketika mempresentasiakan di kelas dan menyelesaikan masalah nya di situ pasti menggunakan slet gunanya apa? Agar temen-temen bisa menangkap apa yang kalian sampaikan dan membayangkan-nya.

Tapi selain itu apa lagi saya disini presentasi dengan gaya tulis menggunakan tulisan yang baku dan enak di fahami sebaik apa saya menulis poin-poin saya, itulah yang menentukan kualitas presentasi dan tidak hanya itu.

ketika kita presentasi kita perlu tampil menggunakan Bahasa tubuh maksutnya gimana? cara kita berdiri, cara kita berpakaian, cara kita menatap audiens & membagi kontak mata. Ini bagian dari presentasi, karena ada yang tidak menyadari bahwa itu presentasi dia hanya berfokus ke slet-nya sambil ngliat slet ini akan sangat sangat jelek sekai ini akan sangat tidak menarik tidak bagus.

Demikian tadi kita lihat apa itu presentasi dan bagai mana aspek-aspek yang berperan dalam sebuah presentasi.

Presentasi adalah sebuah komunikasi, komunikasi yang sukses jika apa yang kita sampaikan di terima dengan tepat dengan baik oleh audiens kita oleh karena itu lihat faktor-faktor kalian sebagai presenter-nya, siapa yang menjadi target audiens-nya dan media apa yang tepat yang akan kita gunakan dengan memahami aspek-aspek ini temen-temen lebih mengetahuai apa saja yang terlibat dalam sebuah presentasi dan hal-hal apa yang menyebabkan sebuah presentasi itu akan berhasil ataupun gagal.

Selamat belajar selamat mempraktekan semoga artikel ini bermanfaat buat kita semuanya terimakasi sudah membaca dan mampir di artikel ini samapi bertemu di artikel selanjutnya.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like