Hal-Hal Yang Harus Kita Pelajari Di Sekolah

Sistem pendidikan kita itu bisa di bilang engga tepat sasaran saya yakin banget buat orang orang yang udah lulus sma, di Tanya tentang mata pelajaran yang kita pelajari sejak sd samapai sma saya yakin banyak banget orang bilang lupa dan bilang bahwa pelajaranya mereka pelajari itu sebenernya engga penting penting amat.

Karena yang kita pelajari itu engga kita aplikasikan secara langsung dan saya bisa bilang kalau misalkan hal yang saya rasa penting itu saya pelajari BUKAN DARI SEKOLAH kita semua nih belajar biologi, geografi, fisika,dsb. Yang sebenernya itu ilmunya jarang kita pake sampe sekarang tapi kenapa si kita engga di pelajari tentang ilmu yang sebenernya penting kita ketahui semisalkan:

  • Gimana caranya bayar pajak
  • Gimana cara mengelolah keuangan pribadi
  • Gimana caranya manajemen emosi, dsb

Yang sebenernya penting banget di kehidupan sehari hari yang bakalan kita pake.

Sayangnya kurikulum yang ada di sekolah sekarang ini itu sangat OUTDATED. Kita belajar hal yang sama yang di pelajari oleh orang tua kita padahal zaman itu udah berubah dan pelajaranya pun engga penting-penting amat yang sebenernya bisa kita pelajari di youtobe, sekarang kita bisa belajar pisikologi kita belajar matematika dari enol sampai jago di “Khan Academy”.

Kita menyadari banyak masalah yang ada di Indonesia mulai dari kekerasan yang terjadi di dalam hubungan korupsi dan lain sebagainya itu impikasi dari system pendidikan yang cacat wajar saja terjadi kekerasan dalam rumah tangga orang kita engga pernah di ajarin di sekolah gimana caranya berumah tangga dengan baik kita juga sedikit banget di ajarin tentang cara ngatur duit dan menajemen emosi wajar saja ketika ada bejabat yang korupsi ,mungkin pejabat itu engga bisa mengelolah duit sehingga dia korupsi atau engga bisa mengelolah emosi yang tergiur dengan uang haram yang di dapetin secara instan.

Bisa di bilang wajar  dan 1% itu punya visi untuk menginspirasi dan mengubah paradigm remaja Indonesia, sebenernya simpel kita pengen menginspirasi dan merubah para digma remaja Indonesia lebih baik itu visi besar kita caranya gimana? Dengan mengajari hala hal penting yang engga di ajari di sekolah, berdasarkan pengalaman kita menemukan bahwa ada hal hal penting yang harunnya di pelajari di sekolah tapi engga di ajari.

Berikut hal hal yang harus di pelajari di sekolah:

1. Personal Finance

Karena kita bisa mengelolah keuangan kita sendiri kita harus bisa dasar dasar masalah keuangan gimana cara infes,gimana cara nabung, gimana caranya yiapain buat pensiun, dsb. Ini penting banget.

2. Relationship

Karena kita ini mahluk social dan masalah masalah dalam “Relationship” itu biyasanya ngaruh ke hidupan sehari hari saya dan kalian semua pasti sering banget gimana temen kita ngeluh tentang pacarnay atau bahkan sering bermasalah karena di selingkuhin pasangan ini masalah yang umum tapi sebenernya penting banget buat kita pelajari biar engga kejadian terus terusan.

3. Karir

Pasti banyak banget dari kalian yang bingung memilih juran kuliah mau milih apa, bahkan saya yakin masih banyak banget yang bingung mau milih jurusan ipa atau ips pas masuk sma ini udah masalah maslah karir terkait dengan bisang apa si yang mau kita tekuni pada saat kita dewasa, dan ini dikit banget kita pelajari di sekolah padahal penting banget buat masa depan.

4. Berfikir Kritis dan Logis

Ini penting banget karena di dunia digital ini kita itu bener bener oferlod informasi dan cara untuk memangkas informasi tersebut menjadi informasi berkualitas supaya kita engga ketipu hoxs dan kemakan info engga penting dan berfikir keritis dan logis sayangnya ini juga engga di ajarin di sekolah.

5. Sejarah Agama dan Aliran filsafat

Kadang kadang banyak dari kita yang engga tau sejarang agama kita itu kaya gimana sejarah agama kita sendiri kaya giman dan sejarah agama orang lain itu kaya gimana dan juga filosofi yang mendahuluinya ini penting biar kita bisa ngerti satu sama lain ketika kita ketemu orang lain yang agamanya atau filosofi idupnya berbeda yang kita anut dan dari sanalah muncul empati.

Ketika kita ngerti dari empati sana munculah toleransi dan mungkin ini adalah akar kenapa di Indonesia masih banyak terjadi masalah toleransi simpel aja arena kita engga tau saja gimana persepektif agama lain dan agama kita.

Oky begitu saja pembahasanya semoga bisa menginspirasi buat kalian semua dan bisa mengubah paradigma remaja Indonesia bisa lebih baik.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like