Memahami & Menetapkan Tujuan Presentasi

Bayangkan hendak kalian pergi dari satu tempat ketempat yang lain dan kita masih kabur nih, apa ya tujuan saya? Kemana arah saya? Maka kita tidak akan berhasil sampai ketempat yang di tuju.

Demikiyan juga sebuah presentasi, presentasi tanpa tujuan akan membuat presenter-nya kehilangan arah ketika dia berdiri untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Bagai mana caranya menggunakan tujuan dengan tepat dengan baik? Mari simak artikel ini sampai habis.

Sebelum lanjut kepembahasanya saya ucapkan terimakasih buat temen-temen yang sudah mengunjungi artikel ini dan artikel ini sangat membutuhkan bantuan kalian dengan cara like dan share agar artikel ini bisa berkembang seperti yang lainya.

Kali ini saya akan membahas pentingnya menetapkan tujuan dalam sebuah presentasi dengan adanya tujuan kita menjadi punya arah, punya gambara &, punya pandangan jauh kedepan. Mana ya yang mau saya capai? apa ya yang saya harapkan dari audiens saya?, lewat artikel ini saya akan menjelaskan ada 3 hal yang biyasanya menjadi tujuan kita dalam sebuah presentasi apa 3 hal tersebut? Mari kita simak satu persatu dalam presentasi kita.

Langsung saja berikut:

Hal-hal Yang Menjadi Tujuan Dalam Presentasi

Tentukan tujuan presentasi

Yang menyebabkan gagal waktu presentasi dia udah tau punya audiens seperti ini cuman dia belum klir tujuan saya sebenernya mau ngapain ya? Di akhir presentasi mau ngapain? Pokonya saya sekedar sering aja deh, pokonya saya sekedar sampaikan aja deh atau pokonya saya sekedar menjelaskan saja.

Maka yang terjadi adalah presentasi kita menjadi sekedar menyampaikan, sekedar menjelaskan dan sekedar sering. Itulah kalau kita tidak punya tujuan yang jelas maka ketika kita mulai menyusun konten kita harus rumuskan, ini target akhir saya itu apa sebenarnya ke audiens apa yang sebenernya audiens yang saya tuju apa yang saya betul-betul harapkan dari mereka.

Nah kalau kita berbicara tentang tujuan presentasi maka bisa kita inget ada 3 tujuan sebuah presentasi apa itu:

1. Paham

Membuat orang lain faham ini adalah tujuan yang paling dasar jadi kalau kita berpresentasi yang sifatnya hanya informative sekedar kasih info maka bolehlah kita menargetkan akhir presentasi saya berharap audiens saya itu faham. Caranya supaya faham fikirkan butuh mereka apa susun dengan tertentu yang mudah di ikuti oleh audiens.

2. Yakin

Kalau kita sudah berbicara tentang aspek mempengaruhi orang lain dalam banyak-banyak kasus dalam presentasi kita harus mempengaruhi orang lain maka kita harus naik ke level yang berikutnya kita ingin menyakinkan audiens akan sesuatu supaya dia mengganti pandangan-nya supaya dia punya presepsi yang baik terhadap apa yang kita jabarkan supaya atasan menyetuju apa yang kita tawarkan.

Jadi aspek menyakinkan ketika kita berbicara soal aspek yang kedua ini kita tidak selalu mengandalkan konten yang kita buat tapi cara kita menjelaskan, cara kita berbicara, cara kita menatap audiens dan cara yakin terhadap apa yang kita sampaikan. Ini akan menimbulkan keyakinan terhadap audiens kalau saya sering mengatakan aspek psikologis-nya.

Jadi presentasi itu tidak hanya bicara aspek logika saja tapi aspek perasaan seorang presenter itu mentransfer prasaanya mentransfer sisi emosionalnya kepada audiens sehingga orang menjadi teryakinkan menjadi percaya apa yang kita sampaikan.

3. Bertindak

Dalam kasus yang lebih tinggi lagi ketika kita berpresentasi ada tindakan tertentu yang kita harapkan dari audiens.

Misalkan “saya jualan sebuah prodak nih saya punya prodak misalnya apa tujuan saya menjelaskan segala macem apakah mereka faham produk apa yang saya jual boleh mereka faham apakah mereka yakin produk saya itu bagus boleh mereka yakin tapi saya akan berhasil kalau mereka mau beli”.

Itulah namanya bertindak maka fikirkan tindakan apa yang kalian harapkan ketika audiens kita sedang berpresentasi ketika kalian menyusun presentasi tindakan apa yang saya harapkan akan di lakukan oleh audiens saya apakah mereka akan membeli prodak yang saya tawarkan, apakah dia akan memberikan tanda tangan bertanda setuju dengan kontak yang saya ajukan, apakah dia nanti akan mensuport ide yang saya bawakan Fikirkan tujuan yang jelas, jadi ini dasar utama sebelum kita nanti menyusun konten kita dalam struktur yang lebih rapih.

Demikiyan tadi sudah kita bahas betapa penting menetapkan tujuan dalam sebuah presentasi dengan tujuan yang terdefinisi dengan tepat sebagai presenter temen-temen akan tau apa yang mau di capai:

“Apakah kita akan membuat audiens mendapatkan informasi”

“Apakah kita ingin mempengaruhi mereka yakin terhadap poin-poin yang kita sampaikan” atau “ kita ingin jauh lagi agar audiens kita berpindah melakukan sesuatu”

Tetapkan tujuan kalian dalam setiap presentasi jangn pernah lupa karena tujuan yang jelas tujuan yang spesifik akan membantu kesuksesan dalam presentasi kalian semua. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua silahkan like dan share kita akan bertemu lagi dalam artikel selanjutnya terimaksih.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like