Mengatasi Sifat Males Belajar (Metode Disiplin Orang Jepang)

Sering banget engga sih? Pas kalian melakukan suatu pekerjaan ataupun cita cita yang ingin kalian capai rasanya tuh kaya berat banget pas kalian mau mulai rasanya berat banget.

Bisa jadi nih udah janji ke diri kalian masing-masing untuk “mulai hari ini” akan tetapi setelah kalian fikir-fikir rasanya mending di lakukan “ besok aja deh “ dan sayangnya nih pas besoknya bilang lagi “ah lusa aja deh” dan pas lusa kalian bilang “awal bulan aja deh biar enak” sampai pada akhirnya pekerjaan itu engga kalian kerjakan sama sekali.

Nah pastinya banyak banget nih yang punya masalah kaya gini bahkan saya sendiri juga ngrasaiin hal ini sekarang, engga jarang kita semua selalu menunda-nunda pekerjaan yang sebenernya penting dalam hidup kita atau juga kita semua suka melakukan suatu pekerjaan itu di akhir tenggang waktu yang di kasih jadinya kaya di tunda-tunda terus, entah itu nunda olahraga, kerja, ngerjaiin PR, belajar dan lain sebagainya.

Padahal prilaku tersebut bisa dibilang engga baik kalau keterusan dan pada akhirnya kemungkinan akan membuat hasil kerja kalian engga maksimal, terus kira-kira apa si yang menyebabkan hal ini? Penyebanya seharusnya beragam si, nah yang sering saya denger adalah rasa males.

Nah terus ada pertanyaan seperti ini:

Bagai mana cara mengatasi males? Terus gimana si cara-nya engga nunda-nuda lagi?

Nah kalian semua jangan hawatir baca artikel ini sampai habis di sini saya akan ngebahas tentang salah satu prinsip yang bisa kalian pake buat mengatasi dan melawan rasa males.

Akan tetapi sebelum lanjut ke pembahasanya alangkah baiknya kalian semua bantu artikel ini karena artikel ini sangat membutuhkan dukungan kalian dengan cara like dan share agar artikel ini bisa berkembang seperti yang lainya.

OK langsung saja berikut penjelasan mengenai:

Mengatasi Rasa Malas Belajar Dan Rasa Malas Lainnya

Ngomong-ngomong soal males mungkin kita perlu belajar nih dari negara yang kita tau negara ini tu anti banget nih sama yang namanya rasa males negara apa kah itu? NEGARA JEPANG.

Yang kita tau jepang itu terkenal dengan setatus kerjanya yang baik dan orangnya disiplin, tapi pertanyaanya ko bisa si sebuah negara punya prinsip kaya gitu?

Nah ternyata dari kecil mereka itu udah di latih untuk punya prinsip tertentu, mereka itu dilatih mengulang berbagai macam rutinitas kecil yang positif setiap harinya dan rutinitas ini ahirnya jadi ngebudaya dan mereka pakai terus sampai mereka dewasa.

Jadinya pas udah dewasa orang-orang jepang ini jadi pribadi yang di siplin dan engga males-malesan, konsep tentang rutinitas ini akhirnya di beri sebuah nama tertentu namanya adalah “TEKNIK KAIZEN”.

Dari segi bahasa KAIZE itu di ambil dari dua suku kata yaitu (KAI) berubah dan (ZEN) kebijaksanaan. Dua kata ini menciptakan satu makna yang artinya adalah perubahan dalam hidup bisa di capai secara perlahan dan penuh kebijak sanaan.

Prinsip KAIZEN ini juga di kenal sebagai prinsip (1 menit) karena prinsip ini itu intinya adalah ngelatih seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam satu menit dalam setiap harinya di waktu yang sama.

Contohnya gini :

Misalkan kalian mau pus-up nih cobain aja dulu 1 menit dalam satu hari dan kalian lakukan itu setiap hari di waktu yang sama atau engga kalian ingin bermain gitar yaudah kalian pilih prinsip ini coba dulu belajar gitar 1 menit setiap hari misalkan mainya jam 7 ya kalian besoknya mainya jam 7 juga dalam setiap harinya.

Nah karena prisip ini itu sederhana banget prinsip ini bisa kalian lakukan bebagai macam hal lainya misalkan membaca, menulis, ngerjain tugas dan apa pun yang ingin kalian lakukan.

Akan tetapi dengan catatan kalian harus ngelakuinya tanpa distraksi apapun jadi harus fokus, menariknya prinsip (1 menit) ini akan ngelatih diri kalian untuk lebih bertanggung jawap karena ketika kalian berhasil ngejalanin (1 menit) itu ini akan ngebuat perasaan kalian lebih baik karena kalian udah ngerasa berhasil nih nglakuin satu hal dengan tuntas dan perasaan ini bakal bikin kalian ketagihan karena kalian udah bertanggung jawap 1 tugas yang kalian punya dan kalin udah menyelesaikan tugas itu.

Jadinya ada “sense of proogres” dalam hidup kalian dan ini bakal bikin kalian ketagihan karena bikin nagih (1 menit) ini kalau kalian rutinin setiap hari-nya biyasnaya bakalan nambah terus, jadi kalian bakal mulai ketagihan di hari-hari setelahnya mungkin di hari pertama kalin cukup dengan 1 menit misalkan main gitar ataupun main apa gitu, akan tetapi di hari selanjutnya mungkin 1 menit itu bisa nambah ke 5 menit dan di hari-hari selanjutnya nambah lagi sampai 20 menit sampai mungkin berjam-jam kalian melakukan hal itu.

Tapi kuncinya balik lagi ya kalian harus konsisten dengan melakukanya setiap hari biar jadi kebiyasaan sekilah prinsip ini terlihat mengenplikasi banget dan jadinya meragukan dan tidak efektif akan tetapi gini coba deh kalian fikir.

Kalau usaha terlalu keras dan mungkin engga rutin ini kemungkinan bakalan ngabisin tenaga kalian dan bakal buat kalian lebih cape akhirnya kalian menjadi males dan lama kelamaan kalian bakal merasa bosen dan engga konsisten.

Perubahan dalam hidup itu bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebiyasaan jadi mendingan dikit-dikit aja yang di lakuin tapi dengan rutin dari pada banyak tapi engga rutin kan percuma.

Dan menariknya juga nih kalau kalian rutin memperlajari dan mengulang suatu ini setiap harinya kalian bakal jadi lebih menguasai juga hal yang kalian pelajari dan kalin engga bakal mudah lupa setiap hal yang kalian pelajari.

Ada Salah Satu Peneliti Dari Psikolog

Hal ini pernah di teliti juga dengan salah satu psikolog asal jerman yang bernama “Hermann Ebbinghaus” di penelitianya dia melajari tentang (kemampuan mengingat) dia bilang bahwa kemampuan pengingat seseorang itu bakal menurun derastis kalau cuman dapet informasi-nya sekali dan infonya itu banyak apalagi kalau engga pernah di review dan di ulang lagi informasinya.

Akan tetapi ada pengecualian ketika kalian melakukan (REPETISI) mengulang kembali materi yang udah kalian pelajari kalau kalian lakukan secara rutin kalin engga hanya sekedar tau akan tetapi pelajaran yang kalian pelajari akan nempel di otak dan engga bakalan ilang bisa di sebut dengan ilmu pasti.

Secara engga langsung prinsip (KAEZAN) ini sebenernya sejalan banget sama apa yang di temukan sama “ Ebbinghaus “ ketika kalian mengulang satu hal secara engga sadar hal tersebut bakal jadi suatu kebiyasaan.

Prinsip KAEZAN ini juga bisa di kerjain sama siapapun dan bisa di terapkan di bidang kehidupan apapun karena gampang banget kan kalian tinggal ngeluangin waktu minimal 1 menit lah setidaknya dan yang saya suka dengan prinsip ini karena prinsip ini sejalan banget dengan ngebuat kalian lebih baik nih se-engganya 1% setiap harinya.

Karena kalau kalian tambahin 1% setiap harinya lama kelamaan setiap harinya itu persenya akan bertambah jadi ribuan persen (COMPUND INTEREST) bahkan bisa lebih dari itu.

Inilah yang di namankan COMPUND INTEREST, sebenernya sama dengan investasi akan tetapi investasinya itu ke otak kalian jadi mirip nih dengan nabung saham kalau kalian nabung saham terus maka bunga dari saham itukan akan bertambah terus yang kalian dapat.

Oky mungkin itu saja pembahasan mengenai tentang mengatasi males semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan buat kalian semua kapan nih mulai menyempatkan 1 menit dalam setip hariny coba jawap di kolom komentar ya.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like