Mengenal Router Pada Jaringan Komputer

Router adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan atau sub-jaringan yang mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalu proses routing.

Proses routing sendiri merupakan proses meneruskan paket jaringan satu dengan yang lain-ya, dalam arti lain router mengelolah lalulintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang di tuju. Nantinya router memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan koneksi internet yang sama.

Perbedaan antara Router dengan Modem

Mungkin masih banayak orang mengira bahwa router dan modem adalah prangkat yang sama, kedua prangkat ini memiliki peran berbeda dalam penghubungan jaringan antar internet.

Berikut adalah beberapa perbedaan-nya:

ROUTER

  1. Membentuk jaringan dan mengelolah aliran data di dalam suatu jaringan
  2. Bisa terhubung pada beberapa PC atau melalui wifi
  3. Memiliki private IP address
  4. Mendistribusikan ke Local Area Ntwork(LAN)
  5. Memiliki ethemet port yang lebih banyak daripada modem

MODEM

  1. Mengubah sinyal dari (ISP) menjadi sinyal digital yang dapat di tafsirkan oleh prangkat pengguna
  2. Hanya bisa terkoneksi pada satu atau beberapa computer
  3. Memiliki public IP address
  4. Menggunakan Wide Area Network (WAN)
  5. Mempunyai ethemet port yang lebih sedikit dari pada router

Fungsi Sebuah Router

Router memiliki dua fungsi utama yang mengelola lalulintas antar jaringan dan membagikan koneksi internet ke beberapa pranglat lain. Selain dua fungsi tersebut ada beberapa fungsi lain yang di miliki antara lain:

1. Menghubungkan jaringan ke DSL

Fungsi lain router adalah menghubungkan jaringan local ke koneksi “DSL” atau digital. Biyasanya “DSL Router” juga berguna sebagai melindungi data yang meningkatkan Cyber security agar jaringan internet lebih aman, dengan begitu router berfungsi memblokir lalulintas data yang mencurigakan dan mencegah adanya kenerja menjadi lambat.

2. Mentransmisikan informasi

Router juga berfungsi mentransmisikan informasi dari sebuah jaringan ke jaringan yang lain-nya. Router menyebatani akses internet dengan sisitem kinerja (Networking bridge) agar data dari suatu jaringan bisa di pakai oleh jaringan lain, hal inilah computer bisa saling berkomunikasi sehingga dapat terjadi petukaran data ter NOT dalam sebuah jaringan.

3. Membaca alamat IP

Router dapat membaca sumber dan tujuan alamat IP pembacaan alamat ini yang nantinya dapat menentukan routing dari satu not ke not yang lain-nya dalam sebuah jaringan.

4. Menyaring paket data

Selain mentrasmisikan informasi router juga dapat berfungsi untuk memfiltersasi paket data yang beroprasi pada suatu jaringan proses filterasi akan mendukung kinerja jaringan internet dan mencegah koneksi lambat karena traffik yang tinggi filter berdasarkan alamat IP, Port TCP atau UDP.

5. Menghubungkan jaringan

Dalam menjalankan fungsi utamanya router menhubungkan jaringan kebeberapa perangkat agar tersedia pebagian paket data dan jaringan proses ini berlangsung dengan adanya distribusi alamat IP disetiap perangkat jaringan yang tertentu.

Cara Keja Router

Router bekerja dengan mengarahkan jaringan data dengan menggunakan ruting table untuk menentukan jalur mana saja yang akan di lalui sebuah paket data dala mencapai tujuanya, paket data tersebut berisi beberapa bagian salah satunya membawa informasi seperti pengirim, tipe data, dan alamat IP tujuan.

Jenis-jenis Router

Router di bagi beberapa jenis berikut di antaranya:

1. Wireless Router

Wireless Router adalah jenis router yang menawarkan koneltivitas wifi atau nirkabel ke perangkat pengguna, jenis ini menggunakan kabel Ethernet agar terhubung ke modem, lalu mendistribusikan sinyal dengan mengubah paket data dari kode biner menjadi sinyal radio.

Sinyal tersebut lalu di bagikan menggunakan antenna yang ada pada prangkat router, jadi router jenis ini tidak memerlukan kabel untuk terhubung ke perangkat pengguna. Mungkin kalian sudah memiliki wi-fi di rumah berarti kalian sudah menggunakan router jenis ini.

2. Core Router

Jenis ini biyasanya di gunakan oleh perusahaan dengan volume pengiriman paket data yang cukup tinggi. Router beroprasi pada inti jaringan dan tidak berkomunikasi dengan jaringan eksternal.

3. Edge Router

Jenis router ini bertugas untuk berkomunikasi dengan router inti dan jaringan eksternal sesuai dengan namanya,Edge (Ujung) router yang berada di tepi jaringan menggunakan GBP (Border Gateway Protocol) untuk mengirim dan meneriman data dari LAN dan WAN yang berada di luar jaringan.

4. Wired Router

Router kabel menggunakan kabel Ethernet untuk terhubung ke modem. Namun route renis ini memerluan kabel terpisah untuk menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan yang terhubung kejarinagn modem.

5. Virtual Router

Virtual Router memungkinkan computer atau server menyalurkan paket data melalui aplikasi perangkat lunak. Jenis ini berbentuk perangkat lunak, namun tugas dan fungsinya sama seperti router perangkat keras.

Bagai mana sudah tau lebih tentang router. Kesimpula adalah Router yang berfungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet keperangkat lain sehingga perangkat yang kalian gunakan bisa terhung ke jaringan internet, router bekerja dengan mengarahakan jaringan data atau menggunakan roting table untuk menentukan jalur mana saja yang akan lalui sebuah paket dalam mencapai tujuanya.

Mungkin itu saja pengetahuan dasar tentang router, buat temen temen yang tau selain ini silahkan komen di bawah.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like