Tips Belajar Efektif (Cara Memahami Apa Yang Dipelajari)

Katanya si setiap tempat adalah sekolah jadi kita bisa belajar kapan aja kita bisa belajar di mana aja kita bisa belajar dari potcase twitter berita ataupun dari youtobe seperti yang kita lakuiin sekarang 1% besiknya live sekolah.

Tapi kadang kadang saya suka bertanya, Apakah kita bener-bener belajar? Dari sekian banyak informasi yang kita terima setiap hari dari berbagai vidio youtobe atau potcase yang kita tonton setiap hari gitu, kita si merasa seneng ngedapatin ilmu baru tapi kadang kalau di minta untuk ngejalis ulang misalkan suruh ngejalis ulang pelajaran kuliah bisa jadi kita malah bingung.

Mungkin dari kalian semua pas lagi kuliah kebanyakan hanya menguasai materi yang lagi ujian aja dan pas di Tanya sehabis ujianya malah kebingungan, jadi belajar hafalkan dan lupakan sebenarnya halini engga bisa di bilang positif ya bahkan negatif kenapa? Karena kita buang buang waktu untuk belajar suatu hal tapi ternyata engga di pelajari juga, dan kalian mengalami ini sebenrnya hal wajar ya, meskipun bisa di bilang negative.

Kata Deborah Philips peneliti dari amerika serikat dia bilang kalau misalkan kalian mengalami ini adalah “Illusion of competence” alias suatu kondisi ketika kamu merasa sudah menguasai suatu hal yang sebenarnya belum kamu kuasai. Tapi kadang hal itu yang membuat kita keganggu meskipun wajar apalagi kita mau faham banget sama materi yang susah.

Nah pada artikel ini saya akan berbagi teknik belajar yang dapat membuatmu benar-benar paham tapi beneran paham setiap brlajar apa pun, sebelum kita lanjut ke pembahasnaya artikel ini butuh dukungan kalian semua dengan cara like dan share agar artikel ini bisa berkembang seperti yang lainya, langsung saja kita ke pembahasnya:

Ilusion competenz itu adalah hal yang umum banget terjadi dalam keseharian kita alasanya simpel karena ada banyak hal yang engga bisa fahami dalam waktu singkat bahkan belajar dalam suatu hal dalam waktu panjang pun engga Selmanya bener-bener kita faham, hal ini terjadi karena otak kita engga bekerja seperti computer yang semua itu langsung aman tersimpan engga semau informasi yang kita terima bakal secara utuh ke “Long-memory”.

Informasi yang kita terima itu bakalan masuk lewat saringan saringan mulai dari “Sensory memory” dari jangkh pendek di saring dulu sama yang namanya “working memory” samapi akhirnya ke “long-term memory” yang disanapun lolos ringanya sebuah informasi perlu secara terus menerus di peroses secara aktif biar melekat, dan akhirnya long-memory. Makanya kita mudah banget mengingat gosip-gosip, tapi kita mudah banget lupa sama materi yang di pelajari di sekolah.

Alasanya karena memory tentang gossip ini kita latih secara aktif coba deh gossip itu setiap hari kita dapetin ya beritanya kita cari di google kita diskusiin sama temen bahkan kita bikin komentar tentang gossip tersebut jadinya mudah banget informasi itu melekat di otak kita, kalau kita bandingin sama pelajaran di sekolah misalkan rumus fisika gitu kalau engga rumus kimia yang cuman kita diskusiin bisa jadi sebelum ulangan doang ya bakalan beda ya.

Memang 1% selalu ngepromosein “Cara belajar aktif” di bandingin belajar pasif, aktif disini bukan berarti ngebaca ulang terus menerus akan tetapi melatih ingatan dengan cara mencoba menjelaskan ulang atau bisa juga dengan mengkolaborasi ulang ingatan kita punya dengan informasi baru yang kita dapet.

Terus gimana nih caranya biar belajhar kita lebih aktif mati kita bahas salah satu teknik, nama tekniknya iyalah:

Teknik Feyman

Teknik ini di ciptakan oleh “Richard p. Feynman” ilmuan pengajar fisika terkenal dia itu asal amerika, nah balik lagi ke teknik ferman jadi menurut faymen tentang belajar yang terbaik untuk belajar sesuatu adalah dengan nyoba untuk “mengajarkan orang lain” untuk apa ? karena ketika kita mengajari orang lain kita bakalan ada usaha untuk diri kita sendiri supaya kita bisa faham dan kita harus faham sama pelajaran itu biar kita bisa ngebantu orang lain yang 0 banget disini bisa faham juga.

Ada beberapa langkah agar Teknik Feyman ini bisa kalian lakukan

1. Tentukan hal yang ingin kamu pahami

2. Tulis ulang materi yang kamu pelajari

Kalian bisa nulis nih yang kalian pelajari dan memkai Bahasa yang gampang seolah olah kalin menjelaskan ke temen yang belum pernah denger sama materi yang kalian pelajari, ya sama seperti ngajarin anak (SD) atau (SMA) nah di langkah kedua ini kalau bisa kalia engga melihat sumber asli materinya kenapa? Karena kalau kalian cuman ngulang apa yang di bilang sama sumber aslinya bisa jadi kalian belum tentu faham karena cuman nginget doang, jadi coba bangun pengetahuan itu sendiri.

3. Cek hasil penjelasanmu

Kira-kira udah tepat belum kalau ada yang kurang tepat langkah selanjutnya adalah

4. Revisi

Patiin kalau kalian bisa ngerti dengan mudah dan rasa penasaran kalian terjawap. Dan langkah terahir untuk menguasai suatu materi adalah

5. Jelaskan catatan materi pada orang lain

Selain buat ngecek pemahaman hal ini juga bikin informasi yang lama di peroses oleh otak untuk bikin informasi yang lebih mudah mungkin buat masuk ke long-term memory, nah sekarang kalin sudah punya kan teknik belajar efektif kalian bisa terrapin teknik ini berbagai hal bisa materi sekolah bisa materi kuliah bisa materi kerja atau materi kehidupan seperti yang kita pelajari sekarang.

Saya yakin kalian semua makin lama kalian semua makin percaya diri untuk belajar hal baru dengan belajar hal ini dan kalau belum percaya diri engga papa juga kita belajar 1% setiap harinya bakalan bisa berkembang lebih baik, jadi semua itu butuh proses

Oky lah mungkin begitu saja pembahasan pada hari ini semoag bisa bermanfaat buat kita semua.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like