Rekomendasi Text Editor untuk Programmer, Cocok Bagi Kamu yang Baru Belajar Coding!

Membuat sebuah halaman website dalam HTML, pastinya Kamu membutuhkan sebuah alat bantu yaitu Text Editor.

Text Editor adalah aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk seorang Programmer dalam menuliskan kumpulan script ketika membangun sebuah program. Pada dasarnya, fungsi dari Text Editor itu hanyalah sebuah tempat penulisan script bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, Javascript, PHP dan masih banyak lainnya.

Sekarang ini banyak sekali jenis Text Editor yang tentunya mempunyai tampilan yang bagus dan banyak fitur-fitur keren yang sudah dimiliki pada masing-masing aplikasi Text Editor-Nya, namun disini Admin akan share 5 jenis aplikasi Text Editor seperti berikut ini:

#1. Sublime Text

Sublime Text adalah salah satu Text Editor yang bagus sekali, cocok untuk Kamu yang baru belajar Coding atau yang sudah jago sekalipun, karena ukuran aplikasi ini sangat kecil hanya sekitar 8.71 MB dan sangat ringan, ini sangat cocok bagi Kamu yang spesifikasi pc/laptopnya kecil.

#2. Atom

Atom adalah Text Editor yang memiliki lisensi open source dan tersedia untuk platform OS X, Linux, dan Windows.

Text Editor ke-2 ini juga sangat bagus karena Atom ini dibuat oleh GitHub dan Kamu perlu ketahui aplikasi ini telah diklaim sebagai Text Editor yang bisa di custom dengan mengubah file konfigurasinya, tampilan yang keren dan kaya akan fiturnya.

Atom ini memiliki ukuran sekitar 140 MB, tapi Kamu jangan menganggap ukurannya besar terus tidak mau pakai ya, setiap aplikasi mempunyai kelebihan masing-masing, jadi Kamu bisa mencobanya satu-persatu agar bisa mengetahui perbedaannya.

#3. Notepad++

Aplikasi satu ini mungkin tidak asing lagi ya Kamu, Text Editor ini sering kita jumpai pada saat praktek bahasa pemrograman di bangku sekolah maupun kuliah.

Notepad++ adalah Text Editor yang bisa berjalan di sistem operasi Windows yang di distribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Notepad++ mendukung banyak bahasa, di antaranya Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan lainnya.

Notepad++ memiliki ukuran sekitar 4.1 MB, aplikasi satu ini memang memiliki ukuran lebih kecil di bandingkan dengan aplikasi lainnya, jadi Kamu bisa memilih sesuai keinginan.

#4. Brackets

Brackets adalah Text Editor yang tidak kalah hebatnya, secara khusus aplikasi ini dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end development.

Project Brackets ini diusung oleh Adobe secara open source dan dikembangkan secara aktif oleh komunitas web developer. Brackets memiliki ukuran sekitar 72.7 MB.

#5. ICEcoder

ICEcoder adalah Text Editor berbasis browser, menurut Admin aplikasi satu ini unik juga loh, karena aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk melakukan aktivitas Coding langsung di browser baik online maupun offline.

ICEcoder mendukung berbagai bahasa termasuk HTML, CSS, Javascript, PHP, Ruby, dan masih banyak lainnya. ICEcoder memiliki ukuran sekitar 31.9 MB.

Demikianlah pembahasan mengenai Rekomendasi Text Editor untuk Programmer, Cocok untuk Kamu yang Baru Belajar Coding! semoga bermanfaat, terima kasih.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like