Persiapan Awal Untuk Belajar Pemrograman Android

Apakah Kamu sedang mencari informasi mengenai pemrograman Android itu seperti apa, kalau iya, mari simak sampai habis yuk.

Pemrograman Android merupakan sebuah program yang berbasis Java dimana berfungsi sebagai pembuatan aplikasi pada device smartphone. Pengertian dari Android ini ialah sistem operasi yang persis dengan Windows, Linux yang diterapkan pada pc.

Berbagai macam blog telah banyak membahas tentang pemrograman Android, sehingga buku tentang Android memiliki penjualan yang laris manis di beli oleh para pelanggan. Bahasa pemrograman ini banyak di pakai oleh para developer untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya untuk development android apps secara native.

Mungkin sebagian dari Kamu yang masih pemula akan bingung jika mendengar ini, apalagi sama sekali belum pernah mempelajarinya nih. Terkadang seseorang langsung saja mendownload source code nya, walaupun belum mengerti dengan isinya, sebenarnya tidak apa-apa, namun langkah seperti ini akan membuat Kamu merasakan kesulitan pada saat prosesnya nanti.

Beberapa Persiapan Awal Untuk Memulai Pemrograman Android

#1. Memilih Bahasa Pemrograman Android Yang Akan Digunakan

Pertama Kamu haruslah belajar bahasanya terlebih dahulu, apalagi saat ini sudah banyak bahasa yang mendukung untuk pembuatan aplikasi Android. Berikut ini ada beberapa pilihan bahasa:

  1. Java
    Bahasa pemrograman yang populer, cocok untuk pemula yang ingin menjadi seorang programmer profesional. Meskipun saat ini juga banyak bahasa lain yang lebih populer, namun bahasa Java ini sangat direkomendasikan untuk dipelajari.
  2. C++
    Bahasa pemrograman dasar yang sudah ada terlebih dahulu sebelum Java. Jadi tidak ada salahnya mempelajari bahasa ini juga untuk bekal pengetahuan Kamu tentang pemrograman komputer yang akan berguna di aksi kedepannya menjadi programmer Android.
  3. Kotlin
    Bahasa pemrograman yang terbilang modern, meskipun Android masih menggunakan bahasa utamanya ialah Java, tapi jangan khawatir, Google telah memberikan dukungan penuh untuk bahasa ini karena Kotlin dan Java bisa berjalan berbarengan dalam suatu sistem.
  4. Dart
    Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google. Bahasa ini sangat direkomendasikan untuk di pelajari karena Google telah menciptakan sebuah framework yang bernama Flutter. Dengan framework ini Kamu bisa membangun aplikasi antar platform (iOs, Android) secara native hanya menggunakan satu bahasa pemrograman yaitu Dart.
  5. C#
    Bahasa pemrograman selanjutnya ialah C# atau C Sharp, cocok bagi Kamu yang ingin menjadi pengembang game Android berbasis 2D maupun 3D menggunakan mesin game Unity yang populer.
  6. JavaScript
    Bahasa pemrograman cocok untuk dipelajari karena memiliki sintaks yang fleksibel dan berfungsi hampir disetiap browser. Kabar gembiranya, jika Kamu menguasai bahasa ini, aksi selanjutnya untuk mengembangkan sebuah aplikasi Mobile, Kamu bisa menggunakan framework ini: Ionic, PhoneGap, React Native dan masih banyak lagi yang lainnya.

#2. Menentukan Tools / Software

Pembelajaran pemrograman Android yang kedua adalah menentukan tools atau software. Berikut ini ada beberapa yang bisa Kamu gunakan seperti Eclipse, Android Studio, Flutter dan masih banyak lagi yang lainnya.

#3. Mempelajari Dasar-Dasar Android

Selanjutnya Kamu dapat mempelajari dasar-dasar dari Android ini, tetapi hal ini dipelajari di saat Kamu telah menentukan tools nya.

Terdapat beberapa materi yang dapat Kamu pelajari seperti:

  • Pembuatan project
  • Mengenal activity
  • Penggunaan textview dan masih ada beberapa materi lainnya.

#4. Pembelajaran Menggunakan E-Book Maupun Buku Cetak

Pembelajaran pemrograman Android yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan e-book maupun buku cetak. Karena disini membahas tentang pembuatan aplikasi Android yang dapat dijadikan sumber referensi. Sehingga memudahkan Kamu untuk bisa melakukan pembelajaran nantinya.

Jadi, bagi Kamu yang masih pemula, saat proses belajar pemrograman Android ini harus di perbanyak membaca ya, agar nantinya mencapai sebuah pemahaman terhadap program tersebut.

#5. Pembuatan Aplikasi yang Sederhana

Langkah selanjutnya Kamu dapat pelajari dengan mencoba membuat aplikasi yang sederhana. Jika dasar-dasar Android telah dikuasai maka dengan mudah Kamu membuat aplikasi secara sederhana.

Targetkan dalam beberapa hari untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Aplikasi ini seperti:

  • Kalkulator sederhana
  • Aplikasi login sederhana
  • Pembuatan kuis sederhana

Serta dapat menciptakan beberapa aplikasi yang Kamu inginkan. Jadi teruslah banyak berlatih agar bisa membuat program yang lebih besar nantinya.

#6. Banyak Belajar Online

Pada saat Kamu ingin mencoba bagaimana cara belajar pemrograman Android ini dapat belajar secara online. Saat ini telah banyak website yang memberikan tutorial tentang pemrograman Android. Sehingga nantinya Kamu bisa menciptakan sebuah karya yang luar biasa.

Itulah beberapa persiapan awal untuk bisa belajar pemrograman Android yang perlu di ketahui ya, agar nantinya Kamu bisa menciptakan sebuah aplikasi yang di kenal hingga mancanegara.

Demikian pembahasan mengenai Persiapan Awal Untuk Belajar Pemrograman Android semoga bermanfaat, terima kasih.

Berbagi beragam konten edukatif seputar informasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like